SWARAREPUBLIKA,Dalam menyambut HUT ke 62 Kodam VI Mulawarman melaksanakan kegiatan Donor Darah yang bertempat di aula Makodim 0905/ Bpp, No 19 Jl Jendral  Sudirman kelurahan Telaga Sari Kec Balikpapan Kota, Sabtu (11/7/2020)

Kegiatan sosial Donor Darah ini bertemakan " Mulawarman peduli" yang diikuti sekitar 150 orang dan dihadiri oleh walikota Balikpapan Rizal Efendi SE , Dandim 0905/BPP kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, kapolresta Balikpapan Turmudi S.H , S.I.K, kepala Dinas kesehatan dr .Andi Sri Juliarty, ketua PMI Balikpapan drg Dyah Muryani,mars, para pasikodim 0905 serta para Danramil Kodim 0905 dan diikuti peserta perwakilan satuan juga hadir Kodim 0905, Lanal Balikpapan, Lanud Domber Balikpapan, Polresta, Persit Kodim 0905/ BPP Cabang XI, Hipakad Balikpapan, FKPPI, dan perwakilan masyarakat sipil binaan Babinsa Kodim 0905.

Kegiatan donor darah ini selain dari TNI ada yang dari polri, Ormas dan masyarakat namun sebelum dilakukan pendonoran pendonor diminta untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah bisa untuk dilakukan pendonoran atau tidak, jelasnya.

Disela acara berlangsung walikota Balikpapan Rizal Effendy , memberikan sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pangdam IV/Mulawarman dan Dandim Balikpapan bahwa dengan terselenggara Bhakti sosial ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Begitu juga dengan yang disampaikan kepala PMI Dyah Muryani, dengan adanya Bhakti sosial artinya stok yang ada menjadi bertambah , ungkapnya. 

Swararepublika,17/5/2020-Dalam suasana bulan suci Ramadhan ini HJ Rosa Kahar giat menjalankan kegiatan sosialnya, untuk kali ini beliau menyambangi salah satu rumah ibadah  masyarakat  (warga)Bali yang terletak dikawasan martadinata Balikpapan. 

Salah satu Pengurus pura Giri jaya natha Balikpapan Nengah Kayun  mengucapkan terima kasih kepada HJ Rosa yang telah menyempatkan dirinya memberikan bantuan berupa sembako kepada warga Bali.

Dengan apa yang sudah diberikan bantuan ini nantinya akan dibagi bagikan ke warga yang berdampak covit 19, semoga Hj Rosa selalu diberikan kemudahan dan kesehatan seluruh keluarganya,kata nengah.

HJ Rosa menyampaikan sebagai umat muslim tidak ada batasan  dalam berbagi kepada siapa pun secara pribadi datang ke rumah ibadah ini didasari dengan niat yang tulus.

Selama dampak covit 19 ini sudah hampir 2 bulan kegiatan sosial ini dilakukan untuk paket sembako sekitar 500 paket dan nasi kotak sekitar 700,  kegiatan ini dibagi sampai diluar kota Balikpapan ada yang di makasar, jawa,dan semuanya terbagi bagi ungkapnya.

Di hari kesebelas dibulan suci Ramadhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Balikpapan melakukan kegiatan sosial dengan membagikan paket sembako kepada Pengurus Tingkat Kecamatan(PTK) di enam Kecamatan.

Dihadiri Ketua DPD Partai Golkar H Rahmad Mas'ud yang didampingi Ketua Fraksi Partai Golkar Andi Arif Agung dan sejumlah anggota DPRD Balikpapan yang tergabung dalam Fraksi Partai Golkar menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada Pengurus Tingkat Kecamatan partai Golkar dikantor DPD Golkar, Senin (4/5/2020).

"Bantuan paket sembako yang dibagikan kepada Pengurus Tingkat Kecamatan (PTK) yang ada di Kota Balikpapan ini bertujuan untuk memberikan semangat buat kader-kader dan pengurus Partai Golkar, bahwa setidaknya ikut hadir dalam membantu meringankan beban ditengah wabah covid-19 yang terjadi di Balikpapan" hal tersebut disampaikan H Rahmad Masud dihadapan awak media.

Rahmad berharap meskipun pemberian yang diberikan masih belum maksimal, tapi setidaknya ikut hadir dan berpartisipasi dari seluruh kader dan fraksi untuk memberikan bantuan bagi kader dan pengurus golkar yang ada. Bahkan tidak menutup kemungkinan seluruh simpatisan partai Golkar mendapatkan bantuan sembako.

Maka dari itu bisa saja secara pribadi bantuan sembako diberikan langsung anggota fraksi Golkar ke masyarakat dengan dana pribadi masing-masing. "Paket sembako yang dibagikan saat ini jumlahnya belum dapat dipastikan, jika berbicara jumlah yang pastinya tidak terbatas, bisa saja saat ini jumlahnya 100 paket, kemudian bisa saja berkembang menjadi 1000 paket" kata Rahmad.

Rahmad juga menambahkan "Teknis pendistribusiannya sendiri nantinya akan dibagikan melalui pengurus partai di setiap kecamatan masing-masing, setelah itu di salurkan ke pengurus tingkat Kelurahan dan kemudian pengurus kelurahan yang mendistribusikanya" tambahnya.

"Hal tersbut dimaksud untuk menjaga jarak, jangan sampai masyarakat datang dan berkumpul , Biarlah nanti pengurus-pengurus yang membagikan, akan lebih baik lagi dibagikan dari rumah kerumah" pungkasnya

BALIKPAPAN,Sejumlah Wartawan di Balikpapan mendapatkan bantuan berupa paket sembako, di kantor iCare jalan kutilang gunung bahagia Balikpapan selatan (24/4/2020)jumat pagi.

Paket sembako ini diserahkan secara simbolis oleh manager iCare Ahmad Romadani kepada perwakilan wartawan Sebagai wujud kepedulian iCare dengan memberikan apresiasi kepada seluruh wartawan yang selalu memberikan informasi dan tampil sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi ke masyarakat.

Kata Romadani,selain dengan membagikan paket sembako kepada rekan rekan wartawan iCare juga akan melakukan kegiatan khusus dibulan Ramadhan dengan bertajuk Ramadhan for humanity. Sebagai lembaga sosial kemanusiaan yang tugasnya dengan melakukan penggalangan dana (Donasi) juga fokusnya membagikan dari pada warga masyarakat Balikpapan yang kurang mampu.

Terkait dengan penanganan covit-19 iCare sendiri sudah menyalurkan bantuan disejumlah puskesmas di Balikpapan serta rumah sakit yang menjadi rujukan pasien covid -19 seperti alat pelindung diri (APD) dan 1200 paket sembako yang di turunkan kemasyarakat langsung.

Dengan bantuan ini terdata dan iCare selalu berkoordinasi kepada dinas sosial agar tidak terjadi tumpang tindih dalam memberikan bantuan kemasyarakat dengan memprioritaskan masyarakat yang sudah memiliki KTP Balikpapan ,tegas Romadani. 

BALIKPAPAN - Husein Sutopo yang merupakan salah satu tokoh masyarakat yang bermukim dilingkungan RT 64, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara membagikan 33 paket sembako untuk warga yang membutuhkan. Bantuan sembako yang disiapkan rencananya akan dibagikan kepada warga dilingkungan RT 64 yang kurang mampu dimana ikut terdampak dengan perkonomian yang saat ini sedang melemah akibat dampaknya virus corona (Covid-19).

Saat disambangi awak media dirumahnya dikawasan Batu Ampar, Husin Sutopo menyampaikan, jika bantuan yang diberikan dirinya hanyalah berupa sembako, guna sedikit meringankan masyarakat kurang mampu di wilayah tersebut ,Minggu(12/04/2020) "

Bantuan ini hanya berupa sembako , mudah-mudahan dengan sedikit bantuan ini dapat meringankan saudara kita yang kurang mampu dan di tambah lagi dampak virus corona yang mewabah di kota Balikpapan berimbas kepada saudara-saudara yang tidak memiliki penghasilan tetap dan memang membutuhkan bantuan di saat melemahnya Prekonomian di kota Balikpapan akibat Covid-19"kata Husain Sutopo.

"Saya berharap agar masyarakat dapat menerima dengan baik bantuan yang tidak seberapa ini, dan tentu saja dapat berguna dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari di tengah wabah ini" harap Husain Penyerahan bantuan di hadiri oleh Bhabinkamtibmas Bripka Iswanto, Bhabinsa Serda Nasirin, Ketua RT 64 Bambang Kusuma Jaya, Ketua BJB Sunaryo.

Bambang Kusuma Jaya selaku Ketua RT 64 mengatakan " saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh salah satu warga yang berada dilingkungan dirinya, mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat meringankan beban bagi saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan di tengah mewabahnya virus corona ini"

kata Bambang "Saya Berharap pemerintah kota Balikpapan bisa lebih peka untuk memberikan bantuan bagi masyarakat secara merata untuk meringankan beban warga yang terdampak Covid-19 "imbuh ketua RT 64 Hal ini juga senada di sampaikan ketua Batu Ampar Jumat Berbagi(BJB) Sunaryo mengatakan " Bahwa Pemerintah kota Balikpapan harus lebih memperhatikan masyarakat kota Balikpapan terkhusus warga yang kurang mampu dan sangat membutuhkan di tengah mewabahnya virus corona ini.

Bripka Iswanto Bhabinkamtibmas Batu Ampar yang ikut mendistribusikan sembako bagi warga dilingkungan kerja dirinya " mengatakan saya berharap agar pemerintah dapat turun dan meninjau langsung warga mana saja yang memang membutuhkan bantuan akibat dampak virus corona,"kata Iswanto

Iswanto juga berharap, dengan aksi sosial yang ditunjukan Husin Sutopo, maka akan bermunculan orang-orang baik lagi dilingkungan RT 64 yang mau perduli akan dampak ekonomi yang dirasakan warga, dan tentunya bukan hanya RT 64, akan tetapi warga Balikpapan yang akan ikut tergerak hatinya untuk membantu sesama.

BALIKPAPAN-Ditengah merebaknya kewaspadaan virus Corona (COVID-19), secara global berdampak pada penurunan minat pendonor diberbagai daerah, tak terkecuali di UDD (unit donor darah) PMI Balikpapan, juga mengalami penurunan pendonor.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Balikpapan dr. Suryani Trismiasih menyampaikan, pihaknya akan mengapresiasi bagi pendonor, berupa pemberian gift bingkisan setiap pendonor,selasa-31-3-2020.

"Hal ini kami lakukan, demi menjaga kestabilan persediaan kantong darah di UDD PMI Balikpapan. Sementara kebutuhan kantong darah setiap hari, sampai saat ini dinilai stabil," ungkapnya. Sementara, jumlah pendonor mengalami penurunan, akibat kewaspadaan dan pencegahan COVID-19.

Selain itu, adanya pembatasan mobilitas pendonor dan masyarakat, mempengaruhi minat pendonor. "Semestinya jadwal pendonor baik masyarakat maupun instansi pemerintah, BUMN dan swasta biasanya di Maret ini, cukup padat. Namun, dengan pembatasan mobilisasi pendonor, pihak UDD agar masyarakat yang sehat tetap melakukan donor darah di UDD PMI Balikpapan," harapnya.

Kepala UDD PMI Balikpapan dr. Suryani Trismiasih atau akrabnya dipanggil Meniek, berinisiatif untuk mengadakan pemberian gift tambahan bagi para pendonor berupa sembako.

Seperti dilakukan saat bulan Ramadan. Ia berharap, agar masyarakat, instansi, TNI, POLRI dan BUMN serta perusahaan swasta, dapat melakukan donor darah di UDD PMI Balikpapan. Sebenarnya, UDD telah memiliki agenda donor diberbagai instansi di Maret ini.

Namun, dalam kewaspadaan menghadapi COVID-19, agenda tersebut ditunda, terkait pengumpulan massa.

"Bagi masyarakat, dan para pendonor yang sehat diharapkan dapat menyumbangkan tetesan darahnya, dilayanan UDD PMI Balikpapan, dibuka setiap hari mulai pukul, 08.00-22.00," imbuh dr. Meniek.

Rilis: Humas PMI Balikpapan

BALIKPAPAN-Memulai kegiatan penyemprotan disinfektan PMI Balikpapan, langsung ke-13 sekolah tingkat SDN/SMP Negeri dan swasta wilayah Balikpapan Selatan, Senin (23/3/2020).

Penyemprotan dilaksanakan dengan pembagian 3 (tiga) tim masing-masing tim mendapatkan bagian 4-5 sekolah. Sekitar 20 TSR (Tenaga Sukarelawan) tergabung dalam kegiatan ini. Dikoordinir langsung PMI Kecamatan Balikpapan Selatan.  Selain itu juga, bantuan lima orang dari TNI/Polri di BKO kan langsung dari Kodim 0905 Balikpapan, dan pihak Babinkamtibmas wilayah Balikpapan Selatan. 

Kegiatan penyemprotan ini sebagai langka antisipasi dan memutus mata rantai, penyebaran wabah virus corona (COVID-19). Penyemprotan cairan disinfektan dimulai SMP Negeri 5 Balikpapan Selatan, dihadiri Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Kadisdik Balikpapan Muhaimin, Kepala BPBD Balikpapan Suseno, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty, dan Ketua PMI kota Balikpapan Dyah Mulyani.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi memulai penyemprotan disinfektan di SMP Negeri 5 ini, petanda dimulainya kegiatan penyemprotan disinfektan di sekolah-sekolah di enam kecamatan Balikpapan.  Rizal Effendi mengapresiasi kegiatan dilaksanakan PMI Balikpapan dengan penyemprotan ke sekolah-sekolah khususnya, dibawah naungan pemkot Balikpapan, ditingkat SDN dan SMPN dan beberapa sekolah swasta lainnya. 

Dalam kesempatan ini Walikota Balikpapan tetap menghimbau masyarakat Balikpapan, agar tetap taat dengan edaran pemerintah, dengan mengurangi kegiatan di luar rumah dan menjaga jarak social distancing. Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menyampaikan, penyemprotan disinfektan ini merupakan bantuan dari PMI Balikpapan, bekerjasama dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan.

"Dengan dilakukan penyemprotan ini dapat memutus rantai penularan virus corona," harapnya. "Tadi Bapak walikota berpesan hati-hati jika mencampur dan mengoplos, karena ini bahan kimia jangan sampai terjadi hal yang tidak di inginkan," ungkapnya.

"Kami ucapkan terimakasih atas bantuan PMI dan Dinas terkait, untuk melakukan penyemprotan disinfektan ini," kata dia. Senada disampaikan Ketua PMI Balikpapan Dyah Muryani penyemprotan disinfektan ini adalah bentuk bakti sosial yang dilakukan PMI Balikpapan untuk masyarakat khususnya untuk sekolah.

"Penyemprotan ini di lakukan untuk antisipasi penyebaran virus corona, dilingkungan sekolah khususnya SD dan SMP," katanya. "Dengan dilakukan penyemprotan ini dapat memutus rantai penularan virus corona, dan anak-anak dapat bersekolah seperti biasa," harap Kepala PMI Balikpapan Dyah Muryani.

Sumber: Humas PMI Balikpapan-Preventif COVID-19

Balikpapan,Dengan adanya Virus Corona atau COVID -19 di Indonesia bahkan di mancanegara membuat Pemerintah bahkan sampai Tokoh masyarakat ikut mengambil langkah-langkah dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Khususnya di Kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Seperti yang di lakukan Tokoh Masyarakat Yaser Arafat Syahril yang merupakan Bakal Calon Walikota Balikpapan Pilkada 2020 mendatang , dengan membagikan masker gratis kepada warga masyarakat Balikpapan,Sabtu 21 Maret 2020 Masker yang di bagikan secara gratis oleh Yaser merupakan hasil Produksi sendiri dengan mengkaryakan Tim sahabat Yaser untuk membuat masker yang aman dan taham lama.

Saat di konfirmasi melalu aplikasi Whatsaap Yaser mengatakan" Ditengah maraknya Wabah Virus Corona (COVID-19) saya memberdayakan sahabat Yaser untuk membuat masker yang nantinya di bagikan ke masyarakat secara berkala ,karena banyak sekali warga masyarakat kota Balikpapan yang kesulitan dalam mendapatkan masker , sebab masker merupakan langkah awal untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 ."ucapnya.

"Hal itu lah yang membuat hati saya tergerak untuk membuat masker, teman-teman sahabat yaser akan terus memproduksi Masker yang lebih banyak lagi ,untuk di bagikan kepada warga masyarakat kota Balikpapan yang sulit mendapatkan masker, nantinya sahabat yaser akan membagi di beberapa titik di kota beriman ini"tutur yaser.

Dirinya pun menambahkan"Mudah-mudahan dengan langkah ini menjadi solusi kita semua untuk membantu masyarakat , sebagai antisifasi mencegah penyebaran wabah virus corona, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Balikpapan agar jangan panik dalam menghadapi wabah ini,"Saya menjaga untuk kalian , Kalian menjaga Balikpapan cukup di rumah saja", tutup Yaser.

agus|Balikpapan ,Kaltim

Balikpapan,Ir H Ahmad Basir yang akrab disapa AHB Kerab hadir di tengah - tengah masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial, tidak pernah berhenti melakukan aksi kemanusian dengan datang secara langsung untuk memeberikan bantuan kepada yang membutuhkan uluran tangan Beliau.

Seperti yang di lakukan AHB beserta tim AHB SQUAD dengan mendatangai langsung ke kediaman enam bocah malang yang di tinggal pergi kedua orang tuanya menghadap sang khalik(Meninggal dunia) di hari yang sama, yang terletak di kawasan Jln Marsma Iswahyudi Kelurahan Sepinggan Raya RT 20, Kecamatan Balikpapan Selatan, Sabtu(29/02/2020).

AHB bersama tim memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok serta uang tunai untuk membiayai kebutuhan ke enam bersaudara tersebut , yang diterima langsung oleh Waode Rosdiana (52) yang merupakan nenek dari keenam anak tersebut.

Usai menyerahkan bantuan, di hadapan media AHB mengatakan"merasa prihatin dan sedih melihat kondisi keenam anak yang ditinggal orang tuanya menghadap sang khalik , di usia yang masih belia mereka sudah menjadi yatim piatu, kejadian tersebut menjadi bentuk perhatian kita semua, bahwa usia seseorang tidak ada yang mengetahui "tutur pria dermawan ini "Pastinya ini menjadi tanggung jawab kita bersama , bukan hanya pemerintah saja, melainkan masyarakat Balikpapan, Kepedulian kita bukan hanya yang hari ini saja, akan tetapi yang harus dipikirkan bagaimana untuk 10 Tahun kedepan untuk nasib keenam anak tersebut"ungkap Basir."

Pasca meninggalnya kedua orang tua enam bersaudara ini , banyak warga kota Balikpapan yang berdatangan untuk memberikan bantuan-bantuan yang menjadi kebutuhan mereka .

AHB  menambahkan"sekali lagi yang harus kita ingat dan ditekankan, bahwa bagaimana nasib keenam anak tersebut setalah hari ini, terutama dengan pendidikannya kedepan, ini menjadi tanggung jawab kita bersama,jelasnya.

Aksi kemanusiaan yang dilakukan AHBSQUAD bukan hanya seperti yang dilakukan hari ini saja, bahkan AHBSQUAD juga siap dalam membantu aksi kemanusiaan lainnya seperti membantu warga yang meninggal dunia dengan menyediakan ambulance untuk mengantarkan jenazah, membantu korban kebakaran, bahkan banyak aksi kemanusiaan yang lainnya , AHB selalu ada dan siap untuk membantu kita semua". Tutup Rifai (Ag)

BALIKPAPAN,Forum Asosiasi Lembaga Keswadayaan Masyarakan (ALKM) Se Balikpapan mengadakan pertemuan rutin dalam rangka mempererat Tali silaturahmi serta membahas tentang perkembangan dan kemajuan LKM di masing-masing wilayah, yang digelar di Kebun Raya KM 15 ,Kelurahan Karang joang ,kecamatan Balikpapan Utara, Minggu 23 Febuari 2020.

LKM ENGGANG BERSERI Karang Joang Bertindak sebagai tuan rumah dalam menggelar agenda Pertemuan rutin yang di hadiri Ketua Forum Asosiasi LKM Abdul Jabar dan anggota LKM Se Balikpapan.

Dalam pertemuan kali ini banyak visi dan misi yang di bicarakan untuk membangun Kota Beriman ini, salah satunya agar terciptanya program kota tanpa kumuh (Kotaku), serta melaporkan hasil Audit 2019 yang di laksanakan minggu ketiga Febuari 2020 .

RUBY ketua Asosiasi Lembaga Keswadayaan Masyarakat (ALKM) Kelurahan Batu Ampar mengatakan " hasil audit 2019 , tidak ada di temukan permasalahan-permasalahan yang merugikan semua LKM Se Balikpapan , Alhamdulillah mudah-mudahan dengan di LKM kota Balikpapan terus maju untuk membangun kota Madinatul Iman ini.

Lembaga Keswadayaan Masyarakat(LKM) merupakan Lembaga sosial yang di dalamnya berisi para relawan - relawan yang bekerja mambangun kota Balikpapan ini tanpa pamrih(upah) semua di lakukan atas dasar sosial .

Di harapkan kepada Pemerintah Kota Balikpapan agar bisa memperhatikan dan membina LKM kota Balikpapan, Bukan hanya sebagai Lembaga sosial semata , namun harus di perhatikan, dibina dan Kalau perlu di anggarkan BOP(Biaya Oprasional Pekerja).

Seperti yang di katakan salah satu anggota LKM Bapak RB , "bahwa LKM merupakan kerja Sosial , tidak ada gaji , memegang amanah masyarakat , dengan masih aktifnya anggota LKM se Balikpapan mengharapkan kepada Pemerintah Kota Balikpapan dapat memberikan udara segar, ya paling tidak menganggarkan BOP untuk pekerja LKM di 34 kelurahan, itu harapan kami"tuturnya."

Mudah-mudahan LKM dapat terus dapat membantu dan menjalankan Program pemerintah dalam membangun kota Balikpapan ini semakin lebih baik lagi , kedepanya "tambahnya."