Heru Bambang Dimandatkan, Ketua DER Provinsi Kaltim

BALIKPAPAN-Ketua Umum DER (Dewan Ekonomi Rakyat) Pusat Eddhi Wahyudhi, memandatkan kepada H. Heru Bambang untuk menahkodai DER Provinsi Kalimantan Timur. 

Rencananya awal tahun 2020, tepatnya Januari akan dilaksanakan pelantikan pengurus provinsi Kaltim. Juga akan direncanakan pelantikan

di 10 Kabupaten/Kota di Kaltim. 

Inisiator DER Kaltim Andi Billy Limpo menyampaikan, kehadiran DER di Kaltim akan memberikan inovasi bagi pelaku usaha, baik UMKM maupun inovasi bisnis tehnologi lain. 

"Untuk saat ini, Kabupaten dan Kota akan siap melakukan penyusunan pengurus dan pelantikan. Yakni, Balikpapan, Kutim, Kukar, Mahakam Ulu, PPU, Tanah Grogot, Kubar dan Kabupaten Berau," ungkap Andi Limpo sapaan akrabnya. 

Menurutnya, kehadiran DER di Kaltim akan menjadi spirit bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya secara mandiri. 

"DER ini adalah wadah semesta rakyat Indonesia secara independen, untuk mempersatukan komponen/organisasi/institusi dalam upaya mewujudkan ekonomi rakyat yang mandiri," katanya. 

"Termasuk meningkatkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan, menjadi mitra pemerintah dalam menggerakan sektor riil. Dan memgawal program ekonomi Nasional, UUD 1945, Trisakti dan Nawacita serta menjadi primer mover, motivator dan katalisator lintas instansi dan organisasi," jelasnya. 

Melalui program kerja, DER akan mempelajari potensi alam, menciptakan terobosan yang inovatif, berkelanjutan, mandiri, cerdas sesuai daerahnya dengan mengedepankan semangat profesionalisme, gotong royong dan kearifan budaya lokal. 

Diakui kondisi sekarang, lemahnya jejaring ekonomi kerakyatan berbasis pada tehnologi informasi. Serta masih rendahnya daya saing produk dalam negeri dibandingkan produk negara lain. 

Andi Billy Limpo mengharapkan, dimandatkanya Heru Bambang akan menahkodai DER Kaltim, dapat menggerakan ekonomi rakyat di Kaltim.

"Sesuai dengan kemampuan dan kapasitas dimiliki beliau, Sebelumnya menjabat sebagai Wakil Walikota Balikpapan 2011-2016," tandasnya.