KPU Kota Balikpapan Menggelar Rapat Pleno Terbuka Terkait Hasil Penetapan Daftar Pemilih Tetap

SWARAREPUBLIKA,KPU Kota Balikpapan melaksanakan agenda rapat pleno terbuka tentang rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan ( DPSHP ) dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat Kota Balikpapan. Rapat pleno terbuka dilaksanakan dihotel grand jokro Sepinggan Balikpapan yang di ikuti seluruh stakeholder terkait,Jumat (16/10/2020).

Untuk Balikpapan sendiri terbagi 6 kecamatan dan 34 kelurahan, kecamatan Balikpapan Utara terdapat 344 TPS, Balikpapan Timur terdapat 4 kelurahan menghasilkan 186 TPS, Balikpapan Selatan 7 kelurahan menghasilkan 304 TPS, kecamatan Balikpapan kota 5 kelurahan 218, kecamatan Balikpapan tengah 6 kelurahan menghasilkan 233 TPS, Balikpapan Barat 6 kelurahan menghasilkan 220 TPS.

Noor Thoha mengatakan Dihari terakhir tanggal 16 ini adalah rapat pleno penetapan DPT dimana sebelumnya masih menjadi DPSHP , jadi DPT didapat jumlah TPS 1505 dan jumlah pemilihnya ada 443.243. Masih Thoha, untuk Daftar pemilih Sementara (DPS) ini terjadi pengurangan di banding yang sebelumnya bahwa DPS sebelumnya 445000 sekarang terjadi penurunan.

Artinya hasil pencermatan teman teman dilapangan dan dibantu rekan rekan Bawaslu adanya pemilih yang sudah pindah dan RT nya menjamin bahwa orang tersebut tidak kembali lagi, ada juga yang meninggal dunia, terjadinya pemilih ganda yang sudah dibersihkan, jelas Thoha.

Jika sudah ditetapkan DPT Nya ternyata ada pemilih baru yang memenuhi syarat sebagai pemilih dan sudah mendapatan KTP -E maka orang tersebut berhak untuk menggunakan hak pilihnya dengan cara membawa KTP dan memilih di TPS di tempat dimana beliau berdomisili diatas jam 12, tegas Thoha.