MEGA : Pentingnya Mengedukasi Tata Cara Pemungutan Suara Di Masa Pandemi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar sosialisasi terkait pemungutan dan penghitungan suara kepada Ketua Rukun Tetangga (RT) yang ada di Kelurahan Batu Ampar dan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara.

Sosialisasi tersebut merupakan salah satu program Kecamatan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tanggal 9 Desember mendatang. Kegiatan yang berlangsung, Kamis (19/11/2020) diaula Kecamatan menghadirkan narasumber dari salah satu Komisioner KPU yakni Mega Feriany Ferry

"Ini merupakan salah satu program yang dimiliki kecamatan, maka dari itu meminta KPU untuk menjadi narasumbernya,"ujar Mega Mega mengatakan hadirnya KPU menjadi narasumber tentu menjadi kesempatan bagi KPU untuk sekaligus mensosialisasikan tahapan pilkada terkait pencoblosan.

"Kondisinya saat ini berbeda, pelaksanaan pilkada ditengah pandemi, maka penting bagu KPU melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang tata cara pencoblosan dan pemungutan suara," kata mega.

Sebanarnya poin penting dalam sosialisasi kali ini dengan mengedukasi masyarakat dengan kondisi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang nantinya sedikit berbeda dari biasanya, yakni dimana setiap TPS wajib menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) covid-19.

"Nantinya petugas KPPS akan berbeda dari biasanya, dimana seluruh petugas KPPS harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap,"tuturnya "Bukan hanya itu saja, pemilih yang datang ke TPS pun akan diberikan masker dan sarung tangan,"tambahnya.

Sementara itu, Camat Balut Fachrul Razji menjelaskan sosialisasi tersebut merupakan salah satu program yang dimiliki kecamatan Balikpapan Utara. Mengingat kondisi saat ini ditengah pandemi covid-19, maka peserta yang hadir dibatasi agara tidak terjadi penyebaran cluster baru.

"Dalam kegiatan kali ini, kita harus betul-betul menerapkan Protokol Kesehatan, mengingat Kota Balikpapan masih terus meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid -19 yang masih menyelimuti kota Beriman ini, untuk itu peserta sosialisasi ini kami batasi"kata Fachrul.

Tidak lupa Fachrul menghimbau kepada seluruh RT agar selalu menjaga lingkungan masing-masing, serta menjaga kondusif kota Balikpapan menjelang Pilkada.