DPRD BANJAR BARU (KALSEL) MELAKSANAKAN STUDY BANDINGNYA KE DPRD BALIKPAPAN

SWARAREPUBLIKA, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan kembali menerima Kunjungan Kerja (kunker) dari DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (25/6/2020).

Syukri Wahid yang merupakan Ketua Pansus DPRD Balikpapan , bersama Kabag Umum Sekretariat DPRD Balikpapan Makmur , menyambut langsung Kedatangan DPRD Banjarbaru yang terdiri dari Panitia Khusus (Pansus) diruang Rapat Paripurna. 

Fadliansyah Akbar Ketua DPRD Banjarbaru menjelaskan kunjungan rombongannya ke Balikpapan guna melakukan "Study Banding" terkait Rancangan Peraturan Daerahnya banyak (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Industri Kota Tahun 2020-2040. Serta Raperda tentang Perubahan Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 10 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Pasar dan Retribusi Pertokoan.

Ketua DPRD Banjarbaru Mengatakan "Bahwasanya kedua Peraturan Daerah (Perda) tersebut dikota Balikpapan sudah ada dan sudah berjalan, sehingga kami datang kesini melakukan Study Banding untuk menggali itu semua," jelas Fadliansyah

" Kami juga meminta kepada DPRD Balikpapan agar sekiranya dapat menerangkan ,Baik tentang tata cara pengelolaannya, maupun penerapannya, sehingga nantinya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Banjarbaru" tambah Fadliansyah

Ditempat yang sama Syukri Wahid menjelaskan , bahwa DPRD Balikpapan memang sedang membahas rancangan tata ruang industri serta Zonasi kawasan perindustrian di Balikpapan. "Saat ini Balikpapan belum memiliki perda yang mengatur perindustrian, namun masih dalam proses penyusunan," jelas Syukri.

"Untuk sentral industri kecil, di Balikpapan hanya di atur oleh Peraturan Walikota (Perwali) , dan perwali itulah nantinya akan ditingkatkan statusnya menjadi Perda , yang didalamnya terdapat rencana tata ruang dan rencana induk perindustrian" paparnya.

penulis : Agus