Budiono : RS Sayang Ibu Balikpapan Barat Statusnya Akan Di Tingkatkan

Wakil ketua DPRD Balikpapan Budiono

Balikpapan Swararepublika.com - Wacana akan dilakukan peningkatan status Rumah Sakit Sayang Ibu dikawasan, Jln Letjend Soeprapto, Baru Ilir, Balikpapan Barat (Balbar) menjadi Tipe C disambut baik Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono.

Budiono yang terpilih dari Dapil Balikpapan Barat mengatakan nantinya ketika status RS Sayang Ibu menjadi tipe C pastinya fasilitas kesehatan disana akan bertambah.

"Dengan adanya peningkatan status RS Sayang Ibu menjadi RS Umum Daerah Tipe C akan memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas," ujarnya.

Adapun pelayanan kedokteran spesialis terbatas, yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak dan pelayanan kebidanan dan kandungan.

"Rumah sakit tipe C biasanya didirikan di setiap Kota/Kabupaten atau Regency Hospital yang menampung pelayanan rujukan dari puskesmas,” kata Budiono kepada awak media ini, Kamis (19/8/2021).

Diketahui perubahan status RS Sayang Ibu di Kelurahan Baru Ilir, sebelumnya telah disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty yang mengatakan besaran anggaran untuk merealisasikan RS Umum Daerah di Balikpapan Barat sebesar 160 miliar dan akan dikerjakan secara Multi Years Ia menjelaskan, untuk tahun 2022, pihaknya berencana menganggarkan terlebih dahulu sekitar Rp50 miliar sebagai tahapan awal pembangunan RSUD ini.

Yang tadinya rumah sakit khusus bersalin ini kita ubah statusnya menjadi RSUD, sehingga dapat melayani semua penyakit tidak terbatas pada pelayanan ibu dan anak,” katanya.

Ia menuturkan, rencananya RSUD ini akan berstandar tipe C dengan kapasitas sekitar 100-an tempat tidur. RSUD ini rencananya akan dilengkapi fasilitas ruang isolasi penyakit menular infeksi seperti Covid-19 dan HIV.

“Sehingga kita tidak perlu lagi setiap saat melakukan konversi ruangan seperti kondisi yang terjadi saat ini. Pembangunan RSUD ini merupakan program prioritas yang diajukan Dinas Kesehatan Kota bersamaan dengan rencana pemberian BPJS Kesehatan gratis kepada masyarakat,” pungkasnya.