DPRD Balikpapan Menggelar Rapat Paripurna Atas Pandangan Fraksi Tentang Perubahan Perda Ketertiban Umum

DPRD Balikpapan Melaksanakan Rapat Pari Purna masa sidang VIII
 

BALIKPAPAN, SWARAREPUBLIKA. com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan kembali menggelar Rapat Paripurna Ke VIII masa sidang 1 Tahun 2021, yang dilaksanakan secara Virtual di Ruang Rapat Paripurna, Kamis ( 18/02/2021).

Rapat Paripurna tersebut mengagendakan terkait Jawaban Fraksi-fraksi DPRD Kota Balikpapan atas Pemandangan Umum WaliKota Balikpapan terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Peraturan Daerah Kota Balikpapan Nomor. 10 tahun 2017, tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum yang sekaligus dirangkai dengan Penandatanganan Berita Acara Pembicaraan Tingkat 1.

Usai memimpin rapat paripurna, Budiono Wakil Ketua DPRD kota Balikpapan mengatakan, Hari ini merupakan rapat paripurna ke Delapan, dengan agenda membacakan jawaban Fraksi atas pemandangan umum walikota terhadap perubahan Perda No 10 Tahun 2017 tentang Ketertiban Umum.

"Poin penting dalam perubahan Perda No 10 Tahun 2017 tersebut ialah menambahkan Perda yang mengatur Tata tertib Protokol Kesehatan Covid -19 di masyarakat "kata Budiono.

"Karena kalau hanya melalui Surat Edaran Walikota sanksi yang diberikan kepada pelanggar Prokes tidak lah kuat, untuk itu Protokol Kesehatan Covid - 19 diatur dalam Perda kota Balikpapan, dengan harapan agar lebih taat lagi dalam menerapkan Prokes Covid - 19"lanjutnya.

Budiono menjelaskan secara garis besar pandangan umum Fraksi terkait perubahan Perda Ketertiban umum selain Prokes Covid - 19, pandangan umum juga mengarah pada penertiban penyelenggaraan parkir di tepi jalan. "Secara gari besar, tentunya penguatan terhadap perda yang mengatur penyelenggaraan parkir di tepi jalan, dengan tujuan agar lebih ditertibkan "jelasnya.

Politisi Partai PDI Perjuangan ini kembali menuturkan, bawa rapat paripurna hari ini bukan hanya membahas perubahan Perda No 10 Tahun 2017, namun juga membacakan perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Balikpapan.

"Hari ini juga membacakan perubahan AKD DPRD, baik dari Komisi, Badan Musyawarah (Bamus), dan Fraksi"tutur Budiono.

Perlu di ketahui agenda rapat paripurna hari ini juga membacakan Perubahan AKD yakni, Pengumuman Perubahan Pimpinan Keanggotaan Alat Kelengkapan Dewan, Badan Musyawarah, Badan Kehormatan, dan Komisi IV DPRD Kota Balikpapan. Pengumuman Perubahan Struktur Pimpinan dan Keanggotaan Fraksi Gabungan dan Fraksi PDI Perjuangan.

Hal ini dilakukan karena adanya Penggantian Antar Waktu (PAW) yakni Pantun Gultom yang menggantikan Thohari Aziz yang mundur untuk maju sebagai calon wakil walikota Balikpapan di Pilkada 2020 lalu.

"Ya perubahan ini perlu dilakukan karena adanya PAW yang harus segera masuk ke Komisi dan Badan - Badan Lainya"tungkasnya .

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono ini dihadiri Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Anggota DPRD serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

wartawan : AT.