Pedagang Pelabuhan Semayang Bersama Pelindo IV Melaksanakan RDP Di Komisi II

 

SENIN(16/11/2020)-DPRD Balikpapan Komisi II melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pihak Pelindo dan dihadiri perwakilan pedagang pelabuhan Semayang serta didampingi dengan Ardiansyah dan Yuni selaku Pendampingan Bantuan Hukum bagi para pedangan.

Rapat Dengar Pendapat (RDP) dilaksanakan diruang Komisi II yang dipimpin langsung oleh ketua Komisi II H Haris menyampaikan para pedagang yang ada di semayang meminta akses garda Brata yang ada supaya para penumpang bisa naik keatas berbelanja di lantai atas.

Namun program yang di ingin kan pedagang tersebut harus di laporkan lewat direksi dan di sisi lain keinginan yang diusulkan ditolak karena keadaan ekonomi /keuangan yang masih sulit, kata Haris.

Tuntutan selanjutnya ketua pedagang resmi di pelabuhan Semayang menginginkan adanya penindakan pedagang asongan yang masih keliaran diarea pelabuhan sementara ada aturan pelarangan.

Ketua Komisi II menegaskan dengan mendengarkan langsung dari GM Pelindo IV Iwan Syarifudin karena kondisi covid ini para pedagang di berikan kemudahan gratis mulai dari bulan maret sampai sekarang di lihat kondisi yang ada.

Pihak Pelindo IV akan melakukan penindakan secara tegas kepada pedagang pedagang liar yang berjualan di area yang dilarang, jelas Haris. H Amir yang mewakili para pedagang sangat berterima kasih karena beberapa permohonannya sudah di akomodir walaupun ada beberapa 9 tuntutan tidak bisa diselesaikan semua.

Kami meminta kepada pihak Pelindo IV untuk segera membuat berita acara resmi untuk melakukan penindakan. "alasannya pihak petugas dilapangan tidak bisa berbuat apa apa", syukur Alhamdulillah hal ini direspon dengan baik GM Pelindo IV akan segera membuat berita acara penindakan kepada pedagang asongan yang berjualan di area pelabuhan, jelas amir.

Ardiansyah SH, selaku pendamping dari pedagang pelabuhan semayang sangat berterima kasih kepada Komisi II yang telah memberikan ruang dalam memfasilitasi permasalahan pada pedagang ini bersama pihak Pelindo IV untuk duduk bersama. Kami sangat berharap pihak Pelindo dapat menindak tegas terhadap pedagang asongan yang tidak resmi berjualan diarea pelabuhan untuk ditindak tegas.

Masih Ardiansyah, harapan kami pihak Pelindo IV agar dapat menepati janjinya dalam penindakan ini jangan sampai terulang kembali dan satu hal yang terpenting berikan solusi yang baik bagi pedagang yang resmi di lantai 2 agar pengunjung mudah mengaksesnya berbelanja di lantai 2.

GM Pelindo IV Iwan Syarifudin mengatakan para pedagang yang tidak resmi berjualan di area pelabuhan semayang akan segera di tindak tegas (dibersihkan).

Ada pun permintaan bagi para pedagang di pelabuhan Semayang dilantai atas bahwa pintu terminal bisa dibuka untuk pengunjung dan itu sudah dilakukan, kemudian pintu 2 akses untuk masuk yang di Jl yos Sudarso agar ditutup namun hanya satu pintu saja yang kami buka untuk keluar masuk penumpang.

GM Pelindo IV Iwan Syarifudin secara tegas mengatakan bahwa prioritas kami akan memberantas secara tegas adanya pedagang asongan yang berjualan di area pelabuhan tentu dengan melibatkan pihak pihak yang berwenang.

Kemudian memberikan akses seluas mungkin kepada penumpang untuk kelantai 2, dan pihak Pelindo akan mencoba menutup akses akses yang lain agar para penumpang dapat berbelanja dilantai atas, ungkapnya.