Apeksi Launching kan Indonesia City Expo Ke 20, Serta Persiapan Menyambut Rakernas Pada Juni 2024 Mendatang

 

SWARAREPUBLIKA.com, Balikpapan - Asosiasi pemerintah kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menggelar Rapat kerja Nasional (Rakernas) di hotel Novotel Balikpapan Bersama dengan pemerintah kota Balikpapan dalam menyelenggarakan launching Indonesia City Expo (ICE) ke 20, Kamis (29/2/2024)

Di hadiri Wali kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud bersama dengan para walikota serta perwakilan dari seluruh Indonesia, bersama direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, dan ketua dewan pengurus Apeksi /walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Ketua Dewan Pengurus (DP) Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi) Eri Cahyadi mengatakan, kegiatan ini sebagai persiapan untuk menyambut Rakernas pada Juni 2024 mendatang. “Kami memilih Balikpapan karena 17 Agustus 2024 nanti, kami akan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di IKN (Ibu Kota Nusantara),” kata Eri Cahyadi.

Wali Kota Surabaya ini mengajak seluruh Wali Kota dan Penjabat (Pj) Wali Kota seluruh Indonesia agar terlibat aktif dalam event tersebut. “Diharapkan seluruh anggota Apeksi memiliki semangat yang sama,” ucapnya. Selaku Ketua Apeksi, dirinya akan menyampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tentang segala hal yang dipresentasikan dalam seluruh rangkaian kegiatan di kota penyangga IKN.

Apalagi setiap kota di Indonesia memiliki kelebihan masing-masing. “Tidak ada lagi suatu kota yang perkembangannya melesat. Semua akan saling menguatkan satu dengan lainnya,” imbuh Eri Cahyadi Sementara itu, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud menyebut terpilihnya Kota Beriman merupakan salah satu keputusan yang dihasilkan dalam Rakernas Apeksi di Kota Makassar pada tahun lalu.

“Insya Allah, kami akan menjadi tuan rumah yang memberikan layanan yang terbaik,” kata H Rahmad Mas’ud. Orang nomor satu di Kota Balikpapan ini menginginkan Rakernas Apeksi sebagai ajang kolaborasi yang menunjang kemitraan."Tidak hanya dalam bidang birokrasi dan pemerintahan,” ucapnya.

H Rahmad Mas’ud menyampaikan bahwa kebutuhan logistik sandang dan pangan di Kota Balikpapan rata rata didatangkan dari luar daerah. Diantaranya Sulawesi dan Surabaya. Sehingga dirinya mendorong Apeksi untuk mengakomodasi upaya pemerintah daerah dalam menggerakkan roda perekonomian.

Tentunya melalui kolaborasi dan sinergi seluruh anggota Apeksi. “Balikpapan tidak memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang luas karena (struktur) tanah berbeda dengan di Sulawesi dan Jawa. Jadi pertemuan ini momentum Apeksi,” ungkapnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi Ketua DP Apeksi Eri Cahyadi, didampingi Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan H Muhaimin.(ADV/Jml)